Minggu, 25 Desember 2011 By: ISMKMI WILAYAH 3

Kajian Kurikulum Kesmas ala Mahasiswa

               Dewasa ini mahasiswa mendapat sistem pengajaran melalui kurikulum dan peraturan akademik yang ada dimasing-masing institusi dan tetap pada arahan Dikti tentunya. Tak bisa dipungkiri berbagai masalah kesehatan yang ada di negeri ini tidak lepas dari banyak aspek yang menyebabkan kesakitan itu datang. Dan ranah terbesar untuk mencegah suatu penyakit itu menyebar adalah dengan adanya upaya preventif yang progresif.
            Akan tetapi berbagai masalah pendidikan pun muncul berbagai sistem pembelajaran yang tidak seragam menjadi perkara yang menyebabkan kerancuan tersendiri. Dalam realitasnya antara institusi satu dan yang lainnya memiliki keraragam kurikulum yang berbeda. Ilmu Kesehatan Masyarakat perlu standarisasi kompetensi dan kurikulum untuk seluruh IKM atau FKM Indonesia. Kurikulum Kesehatan Masyarakat memerlukan banyak praktek, karena dalam kurikulum yang sedang digunakan hanya terdiri dari banyak teori namun kurang implementasinya.
            Kurikulum yang digunakan saat ini menurut pakar kurikulum belum ideal. Butuh standar baku kurikulum yang digunakan. Namun menjadi seorang SKM yang baik dari kurikulum peminatan maupun general adalah sebuah pilihan, tergantung kebutuhan masing-masing daerah untuk membentuk lulusan SKM yang seperti apa. Dan sekarang ini kurikulum disesuaikan dengan kondisi di daerah institusi masing-masing.          Tidak sedikit mahasiswa merasa belum puas terhadap kurikulum yang digunakan saat ini, karena keilmuan yang didapat masih terasa dangkal dikarenakan terlalu banyak bidang ilmu yang harus dipelajari, sebagian mahasiswa menyadari hal ini tetapi masih banyak yang belum mengerti tentang sistem kurikulum dan bagaimana kurukulum yang seharusnya diterapkan bagi mahasiswa.
            Kurikulum masih tetap harus dikembangkan dan disesuaikan dengan perkembangan keilmuan kesmas dan masalah kesehatan serta kondisi di masyarakat. Kurikulum harus diupdate agar mampu menjawab tantangan ke depan. Kurikulum yang diharapkan adalah kurikulum yang mengarah pada keunggulan spesifik pada bidang ilmu kesehatan masyarakat. (Ida Ayu Nur’Arofah)

1 komentar:

moneymaker mengatakan...

Mahasiswa kesmas butuh seatu kejelasan kurikulum dan yang pasti kejelasan kerja nantinya.. :)

good job infokom ISMKMI wilayah 3

Poskan Komentar